Selasa, 20 November 2012

TKI MENDERITA,,, NEGARA KAYA

            Tenaga Kerja Indonesia atau yang lebih akrab dikenal dengan TKI adalah sebutan bagi warga negara Indonesia yang bekerja di luar negeri dalam hubungan kerja untuk jangka waktu tertentu dengan menerima upah. Dengan adanya TKI yang bekerja di luar negeri, maka negara Indonesia bisa mendapatkan devisa kurang lebih sebesar 60 trilyun rupiah dalam setahun. Namun itu tidak sebanding denngan penderitaan yang mereka alami di tempat mereka bekerja. Banyak sekali TKI yang mendapatkan siksaan dari majikan mereka. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang dihukum mati di negara mereka bekerja.
Diantara banyak negara di dunia ini, para TKI lebih banyak memilih untuk bekerja di negara Malaysia. Dan seperti kita ketahui banyak sekali kasus yang terjadi pada TKI yang bekerja di Malaysia.  Masih ingatkah kalian dengan kasus TKI yang berasal dari Nusa Tenggara Barat yang ditembak mati di Port Dickson, Negeri Sembilan??? Ya.. TKI yang menjadi korban perdagangan organ tubuh manusia adalah salah satu contoh bagaimana nasib TKI di negara orang. Dan baru-baru ini terdapat iklan di Malaysia yang melecehkan TKI, yaitu “Indonesian maid  now on sale, 40”.
Sebenarnya kalau kita mengingat-ngingat lebih jauh masalah-masalah TKI yang berada di Malaysia, maka kita akan menemukan banyak sekali kasus-kasus kekerasan dan kasus pelecehan terhadap TKI. Yang dipertanyakan adalah “dimana peran pemerintah terhadap nasib TKI yang berada di Malaysia?”. Seharusnya pemerintah benar-benar melindungi pahlawan devisa kita. Karena mereka juga memberikan kontribusi yang banyak terhadap negara kita ini. Alangkah baiknya jika antara negara dan warga negara saling memberikan keuntungan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar