Rabu, 28 November 2012

Demokrasi


D-E-M-O-K-R-A-S-I……. tentunya kita sudah mengetahui apa itu demokrasi. Demokrasi berasal dari dua kata, yaitu “demos” dan “cratos”. Demos berarti “rakyat”, sedangkan cratos berarti “kedaulatan atau kekuasaan”. Jadi demokrasi adalah sebuah sistem pemerintahan di mana kedaulatan atau kekuasaannya berada di tangan rakyat. Dengan sistem demokrasi, maka rakyat menempati posisi paling penting dalam sebuah pemerintahan, karena demokrasi bisa dikatakan pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. Demokrasi melibatkan semua warga yang ada di dalamnya, karena demokrasi adalah keputusan yang dibuat berdasarkan keputusan bersama dengan suara terbanyak.

Berbicara mengenai demokrasi, kita sebagai warga negara Indonesia beruntung karena negara kita tercinta ini menganut sistem pemerintahan demokrasi. Dengan demokrasi rakyat bisa menyalurkan semua aspirasinya, serta mempunyai hak dan kesempatan yang sama dalam mengatur pemerintahan. Akan tetapi, sudahkah demokrasi di Indonesia ini berjalan seperti seharusnya????

Jika kita melihat sistem demokrasi yang ada di Indonesia, sepertinya masih jauh dengan apa yang diharapkan, demokrasi di Indonesia masih belum berjalan sesuai dengan semestinya. Sistem demokrasi yang berjalan masih berdasarkan kekuasaan kelompok. Kita ambil saja contoh demokrasi yang ada di perguruan tinggi. Seperti yang kita ketahui, di perguruan tinggi banyak sekali organisasi ekstra yang antara satu dengan yang lainnya hubungannya tidak begitu baik. Praktik demokrasi di kampus bisa kita lihat ketika ada pemilihan ketua HMJ, pemilihan gubernur, ataupun pemilihan yang lainnya. Dalam praktiknya, sistem demokrasi masih dipengaruhi oleh kekuasaan kelompok, di mana satu kelompok yang unggul memenangkan suara, maka kelompok tersebut yang memegang kendali. Hak yang semestinya menjadi milik semua mahasiswa, akan termakan oleh kekuasaan kelompok tersebut.

Praktik demokrasi yang ada di Indonesia tidak jauh berbeda dengan contoh di atas. Seharusnya demokrasi bisa dijalankan sesuai dengan semestinya. Di mana rakyat memliki hak yang sama dalam menjalankan pemerintahan, bukan hanya segelintir orang yang berkuasa saja. Karena harus kita ingat, bahwa sistem demokrasi adalah sistem pemerintahan yang dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar